BPJS

Pelayanan BPJS Kesehatan di Lamongan Diapresiasi Warga: Cepat, Ramah, dan Semakin Digital

Pelayanan BPJS Kesehatan di Lamongan Diapresiasi Warga: Cepat, Ramah, dan Semakin Digital
Pelayanan BPJS Kesehatan di Lamongan Diapresiasi Warga: Cepat, Ramah, dan Semakin Digital

JAKARTA – Pelayanan BPJS Kesehatan di Kabupaten Lamongan terus menuai apresiasi dari masyarakat berkat kemudahan dan kecepatan layanan yang semakin baik. Inovasi digital dan keramahan petugas menjadi nilai tambah dalam memberikan pelayanan publik yang efisien dan ramah pengguna.

Salah satu warga yang merasakan langsung manfaat layanan BPJS Kesehatan adalah Totok Hariyadi (35), warga Desa Kebalankulon. Ia datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan Lamongan untuk mengurus pendaftaran sebagai peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU).

“Pelayanan di sini sangat cepat dan petugasnya ramah. Saya tidak perlu antre lama untuk mendapatkan informasi yang saya butuhkan,” ungkap Totok.

Layanan Digital Permudah Akses Peserta

Totok mengaku awalnya sempat merasa bingung dengan proses administrasi, namun berkat penjelasan petugas yang sabar dan informatif, seluruh proses berjalan lancar. Ia juga merasa tercerahkan saat mendapat informasi mengenai berbagai layanan digital yang disediakan oleh BPJS Kesehatan.

“Saya baru mendaftar sebagai peserta. Jadi saya langsung datang ke kantor. Saya pikir antre ternyata lancar. Saya juga diberikan informasi bahwa BPJS Kesehatan punya banyak layanan digital,” katanya.

Beberapa layanan digital yang diperkenalkan kepada peserta antara lain Aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (PANDAWA), dan Care Center 165. Ketiga layanan ini dirancang untuk mempermudah peserta dalam mengakses informasi dan melakukan berbagai proses administrasi secara mandiri.

Aplikasi Mobile JKN dapat diunduh melalui Play Store dan App Store, dan memungkinkan peserta untuk mengakses berbagai informasi tanpa perlu datang langsung ke kantor cabang. Proses pendaftaran aplikasi cukup mudah dengan hanya memasukkan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta data pribadi, kemudian melakukan verifikasi melalui kode One Time Password (OTP).

“Saya merasa beruntung, bahwa jaminan kesehatan yang saya pilih yakni BPJS Kesehatan memberikan banyak kemudahan bagi pesertanya. Saya langsung mengunduh Aplikasi Mobile JKN di handphone saya. Caranya pun sangat mudah,” tambah Totok.

Fitur Lengkap dalam Genggaman

Aplikasi Mobile JKN dilengkapi berbagai fitur penting seperti:

-Informasi Data Peserta

-Informasi Lokasi Fasilitas Kesehatan

-Informasi Iuran dan Virtual Account

-Informasi Program JKN

-Riwayat Pelayanan dan Pembayaran

-Ketersediaan Tempat Tidur dan Jadwal Operasi

-Skrining Riwayat Kesehatan

-Konsultasi Dokter Online

-Perubahan Data Peserta

-Pendaftaran Auto Debit Penambahan Peserta

Salah satu fitur unggulan lainnya yang diapresiasi oleh peserta adalah fitur pengaduan layanan dan konsultasi dokter secara daring, yang sangat membantu peserta dalam mengakses layanan kesehatan tanpa perlu meninggalkan rumah.

“Di Mobile JKN juga ada fitur konsultasi dokter. Jadi jika kita ada keluhan kemudian tidak sempat ke fasilitas kesehatan bisa manfaatkan fitur ini. Jika ada kendala layanan, kita juga bisa menyampaikan pengaduan langsung di aplikasi,” jelas Totok.

Program Rehab untuk Ringankan Tunggakan

Selain kemudahan layanan digital, BPJS Kesehatan juga memberikan solusi kepada peserta yang memiliki tunggakan iuran, khususnya bagi segmen PBPU/Mandiri. Melalui Program Rencana Pembayaran Bertahap (Rehab), peserta dapat mencicil tunggakan iuran agar tetap bisa mengakses layanan kesehatan.

“Untuk pendaftaran Rehab ini juga bisa melalui Mobile JKN, yakni pada fitur Rencana Pembayaran Bertahap (Rehab). Ini namanya layanan komplit cukup dalam genggaman, bisa dibuka di mana saja dan kapan saja. Sudah tidak perlu ke kantor BPJS Kesehatan lagi,” terang Totok.

Akses Layanan Makin Dekat dengan Generasi Muda

Tak hanya itu, Totok juga memuji kehadiran layanan Care Center 165 yang bisa diakses melalui telepon, serta PANDAWA yang berbasis WhatsApp. Layanan ini sangat diminati oleh generasi muda yang terbiasa dengan sistem komunikasi digital.

“Layanan digital ini sangat cocok dengan kami generasi Z. Akses pelayanan JKN semakin mudah dan cepat. Peserta pun juga puas,” tutupnya.

BPJS Kesehatan Dorong Transformasi Digital

Peningkatan mutu pelayanan yang ditunjukkan BPJS Kesehatan merupakan bagian dari strategi transformasi digital layanan kesehatan nasional. Dengan inovasi yang berkelanjutan, BPJS Kesehatan terus memperluas akses dan kenyamanan layanan demi mewujudkan sistem jaminan kesehatan yang inklusif, efisien, dan berkelanjutan.

Langkah ini sekaligus menunjukkan bahwa pelayanan publik di sektor kesehatan kini semakin adaptif terhadap kebutuhan masyarakat yang dinamis dan melek teknologi. Dengan pelayanan yang semakin cepat, mudah, dan manusiawi, BPJS Kesehatan memperkuat peran sebagai pelindung kesehatan rakyat Indonesia.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index